Festival Bedug Sahur Kembali Menghibur Masyarakat Samarinda Seberang

Foto, Festival Bedug Sahur 2024, di Masjid Shiratal Mustaqiem, Samarinda Seberang, Kota Samarinda

Samarinda – Setelah vakum selama 5 tahun, Festival Bedug Sahur di Masjid Shiratal Mustaqiem, Samarinda Seberang kembali hadir dengan konsep dan suasana baru.

“Acara ini diselenggarakan untuk menghibur masyarakat Samarinda khususnya Samarinda Seberang, sembari memperkenalkan budaya lokal melalui kostum baju adat dan metode membangunkan sahur ala Samarinda Seberang,” ujar Rifky, ketua panitia festival.

Festival yang juga dikenal dengan nama “Dung Dung Ce” ini memang sudah menjadi tradisi di Samarinda Seberang. Vakumnya festival ini selama beberapa tahun terakhir karena pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah di tahun 2024 festival ini kembali diselenggarakan,” kata Rifky.

Acara tersebut dihadiri oleh Andi Saharuddin, H.muchyar DM, Hj Rusmayani Muchyar,
serta Kapolsek Samarinda Seberang.

Pemuda itu berharap festival ini dapat meningkatkan minat wisatawan, menaikkan nilai jual UMKM, memperkenalkan budaya lokal, dan mempererat silaturahmi masyarakat Samarinda, khususnya Samarinda Seberang.

Festival Bedug Sahur diikuti oleh kurang lebih 60 peserta, tidak hanya dari Samarinda, tetapi juga dari Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Bisa dibilang festival musik sahur ini tingkat skala regional Kalimantan Timur,” kata Rifky.

Festival Bedug Sahur dimeriahkan dengan berbagai kegiatan kreatif. Masyarakat antusias menyambut festival ini dan terlihat ramai menyaksikan pertunjukan di sepanjang jalan. (Kurniawan)

Pos terkait