Dispar Kaltim Fokus Kelola Ekowisata di Bumi Etam

Kepala Dispar Kaltim, Ahmad Herwansyah (foto : istimewa)

SAMARINDA- Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Timur (Kaltim) kini tengah fokus membuat seluruh destinasi wisata berbasis ekowisata. Mulai dari wisata danau, pesisir, laut dan hutan yang terus didorong potensinya.

Diketahui, ekowisata merupakan objek wisata yang tetap menjaga kelestarian alam, memberi manfaat secara ekonomi, dan mempertahankan keutuhan budaya masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya
dishub ads

Ahmad Herwansyah, selaku Kepala Dispar Kaltim mengungkapkan bahwa wilayah Kaltim kini tengah memfokuskan pada ekowisata, sebab potensinya dinilai cukup besar.

Tentunya hal ini sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim 2018-2023. Dalam RPJMD tersebut menyatakab bahwa arah kebijakan destinasi wisata Kaltim adalah pariwisata berbasis masyarakat, kerakyatan dan potensi daerah.

“Merupakan upaya dalam mendukung kebijakan destinasi wisata berbasis ecotourism, penting untuk meningkatkan sarana dan prasarana untuk menuju tempat wisata yang sudah ditetapkan,” ungkapnya.

Di samping itu, ia juga mengingatkan pengelola destinasi pariwisata agar tidak mengubah aksesnya secara keseluruhan. Sebab, hal ini dinilai dapat mengganggu keaslian alamnya nanti. Namun, jika infrastruktur dasar hanya diperkenankan untuk yang diperlukan oleh wisatawan, dan tidak memberi dampak negatif untuk masyarakat setempat.

“Agar pariwisata Kaltim dikenal masyarakat luas, untuk skala nasional maupun internasional, dan menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat Kaltim,” pungkasnya.(Adv/DISPAR Kaltim)

Pos terkait