Proses Coklit Pemilih di Bontang Rampung, Rekapitulasi Menuju Penetapan DPT Dimulai

anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang, Ozzie Osbourne Hannaiek

Proses pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kota Bontang telah tuntas.

Sebanyak 134.374 data pemilih yang tersebar di 15 kelurahan dan tiga kecamatan telah dicoklit dengan mendatangi setiap rumah.

Bacaan Lainnya
dishub ads

“Saat ini, hasil coklit sedang dalam proses rekapitulasi di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), hingga ke level kota,” ujar anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang, Ozzie Osbourne Hannaiek, Rabu (24/7/2024).

Rekapitulasi di tingkat PPS dan PPK berlangsung pada 1-3 Agustus, sementara rekapitulasi di tingkat kota dijadwalkan pada 9-10 Agustus.

Proses coklit ini akan menghasilkan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP), yang kemudian akan disempurnakan menjadi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP) berdasarkan tanggapan masyarakat.

Setelah semua tahapan selesai, Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan diumumkan pada bulan September.

Data yang diolah Pantarlih berasal dari Kementerian Dalam Negeri dan diterima KPU RI, mencakup 134.374 pemilih di Kota Bontang.

Pada Pilkada kali ini, tidak ada penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS), kecuali di lembaga kelas II A yang akan mendapatkan tambahan tiga TPS dari total 274 TPS yang sudah ada.

Pos terkait