Taman Nasional Kutai (TNK) Kaltim Menjadi Destinasi Favorit Wisatawan Mancanegara

Ketua HPI Kalimantan Timur, Awang Jumri bersama wisatawan asing.

Kutai Timur – Taman Nasional Kutai (TNK) di Kalimantan Timur (Kaltim) semakin menjadi destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara. Sejak awal Januari 2023, jumlah kunjungan wisatawan asing ke TNK terus meningkat, menjadikannya salah satu tujuan utama para pengunjung dari luar negeri.

Taman Nasional Kutai (TNK) di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke daerah tersebut. Awang Jumri, Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia Kalimantan Timur (HPI Kaltim), mengungkapkan bahwa sejak awal Januari 2023, TNK selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan asing,Jumat (10/11/2023).

Bacaan Lainnya
dishub ads

Meskipun jumlah wisatawan mancanegara yang datang tidak dijabarkan secara detail, Awang Jumri menekankan bahwa minat wisatawan terutama tertuju pada TNK. Destinasi ini dianggap sebagai “jendela” yang memperlihatkan pesona orangutan, menjadi daya tarik utama bagi pengunjung internasional.

“TNK itu sebagai jendela. Karena wisatawan mancanegara paling berminat untuk melihat orangutan, seperti yang ada di TNK,” ungkap Awang Jumri. Ia menambahkan bahwa aksesibilitas yang baik dan infrastruktur yang memadai turut mendukung peningkatan kunjungan wisatawan asing ke TNK.

Menurut Awang Jumri, untuk menilai peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Kalimantan Timur, TNK dapat dijadikan indikator utama karena popularitasnya. Sementara destinasi wisata lain di Kaltim, seperti wisata alam, budaya, dan buatan, juga menarik minat para pengunjung internasional.

“Kalau saya menggambarkan bahwa, TNK itu sebagai jendela. Karena wisatawan mancanegara paling berminat untuk melihat orangutan, seperti yang ada di TNK,” kata Awang Jumri.(Adv/Dispar Kaltim)

Pos terkait